Jumat, 16 Agustus 2013

Tips Wisata ke Gunung Bromo

hai hai,, hahaha, akhirnya saya bisa ke gunung bromo, setelah sekian laamaaaa pengen ke sana. Gunung Bromo memang sangattt cantik, udara disana segar dan menyejukkan. wah,, pokoknya bikin kangen :D

Berangkat dari malang pukul 23.00, lalu lewat probolinggo sampai di parkiran bromo sekitar pukul 01.00. ada beberapa jalur yang bisa ditempuh untuk sampai ke bromo, jika naik sepeda motor, lewat tumpang atau nongkojajar akan lebih cepat, namun ada jalan rusak sekitar 5 km. Jika naik mobil saya sarankan lewat probolinggo saja, jalannya mulus lus lus :D

Setelah sampai di parkiran, biasanya banyak pedagang yang akan menawari anda topi, syal, kaos kaki, dan sarung tangan. untuk sarung tangan, harganya antara Rp 5.000- Rp 10.000, tergatung tebal tipisnya. Kemudian untuk topi, hargaya sekitar Rp10.000, 15.000, dan 20.000, semakin mahal, semakin tebal dan semakin besar. kalo harga syal dan kaos kaki saya tidak tau, soalnya kmarin tidak beli,hehehe

Dari parkiran ke penanjakan (point view of sunrise) jaraknya sekitar 12km. Jika anda membawa sepeda motor, maka anda bisa mngendarai sepeda motor anda sendiri, anda bisa membayar tiket masuk sekitar 15.000 perorang, namun hati-hati, pastikan sepeda motor anda bener2 prima, karena trayek yang anda lewati cukup berat. Jika anda menggunakann mobil, maka anda harus menyewa hardtop. Satu hardtop berisi 4-6 orang dan dijamin aman. Untuk biayanya memang mahal, yaitu antara 450.00-700.000 tergantung jam keberangkatan kita ke penanjakan. Pintu masuk ke wisata bromo sendiri baru buka pukul 03.00. Pengalaman saya, jika kita berangkat pagi, maka kita bisa turun tepat didepan tangga menuju ke point vew, tapi jika kita berangkat agak siang, maka kita harus jalan cukup jauh ke tangga karena tempat parkir yang terbatas. ketika pukul 03.00 untuk tujuan penanjakan dan kawah bromo harga sewanya adalah 700.00, namun saya dan keluarga berangkat pukul 04.00 dan mendapat harga 450.00, dan itu belum termasuk tiket masuk. untuk tiket masuknya, 3 hardtop bayar 100.000. coba naik sepeda motor, pasti bensin satu liter tidak habis,hehehe :p. Selain hardtop, ada kendaraan lain yaitu ojek. Jika anda kesana kurang dari 4 orang, biaya ojek adalah sekitar 75.000 perorang. tapi dingin,hehehehe. Sebenarnya mobil pribadi bisa naik ke atas, tapi harus menunggu semua hardtop habis. and you know how much the hardtop, 500 units.hahaha, tp kata sopirnya sih seminggu yg lalu sempet semua hardtop habis, akhirnya boleh bawa mobil pribadi naik ke atas, just be careful.

Jika anda berangkat agak siang, maka jarak hardtop dengan tangga akan lumayan jauh, kmarin sekitar 1,5 km. Tapi tenang, begitu anda turun dari hardtop, maka akan banyak ojek yang menawari anda. Begitu turun dari hardtop, kmarin saya ditawari naik ojek 50.000 untuk 2 orang (jadi boncengan bertiga), lumayan mahal kan.. tips untuk lebih murah, silakan anda berjalan naik dulu, sekitar 20-30 meter, maka mereka akan menurunkan tawaran hingga 20-30rb untuk 2 orang. Kalo saya kemarin sih dapet 15.000 untuk dua orang,hehehe, pokoknya tawar teruss :D. ketika pilang ke hardtop lagi, maka anda juga bisa naik ojek, tapi kalo menurut saya jalan kaki lebih enak sambil melihat pemandangan sekitar karena sudah terang.

objek berikutnya adalah kawah gunung bromo, tempat upacara kasada. untuk kesana kita harus melewati jalan yang sangatttt curam,,  kalo sepeda motor, turunyya masih oke, tapi untuk naiknya, you have to be very profesional. curam bgt pokoknya. hardtop saja naik pakek gigi 1. setelah menuruni gunung, kita akan sampai pada savana dan padang pasir yang indah banget :D., itu lo, tempat syuting nya film 5 cm. dari tempat parkir hardtop menuju ke kawah sendiri lumayan jauh. Apalagi berjalan di pasir, lumayan berat. biaya untuk naik kuda dari tempat parkir ke tangga naik ke puncak kawah adalah 120.000-125.000, jika ingin agak murah, anda bisa berjalan terlebih dulu, sebelum batas parkir hardtop habis, anda bisa naik kuda dengan biaya sekitar 30.000 untuk sampai kaki tangga (hanya berangkatnya saja). Untuk pulangnya, anda bisa jalan kaki karena ketika turun tidak begitu capek seperti saat naik.

pesan saya, memang lebih murah jika ke bromo baik sepeda motor, tapi persiapkan motor anda. Untuk harga sewa kamar sekitar 250.000 semalam. Lebih murah jika menyewa villa, sekitar 300.00 permalam. Jika ke bromo naik mobil, lebih aman sih, tapi ya itu, agak mahal,hehehe