Jumat, 14 November 2014

Tips Seleksi Beasiswa BPI LPDP (Seleksi Administrasi)

Beasiswa LPDP merupakan salah satu beasiswa yang menjadi incaran para scholarship hunter saat ini. Beasiswa ini Ontime terhadap waktu penyalurannya dan besaran beasiswa nya yang mencukupi karena bersifat full scholarship (mencakup biaya hidup bulanan, uang buku, SPP, biaya penelitia, biaya publikasi, dan seminar Internasional, serta baya tiket perjalanan ke Universitas PP). InsyAllah dengan beasiswa ini, para pencari ilmu tidak akan kekurangan jika menggunakan dana ini sewajarnya :)

Secara umum ada 3 Tahapan Utama Seleksi Beasiswa LPDP. yaitu: Tahap administrasi, Seleksi wawancara dan LGD, dan terakhir PK. Stelah lulus ke tiga tahap tersebut, maka kita bisa tanda tangan kontrak dan resmi menjadi awardee LPDP. Namun ada beberapa kasus yang meskipun belum PK, namun bisa tanda tangan kontrak (misalnya LPDP afirmasi, dan beberapa kasus khusus). Mari kita bahas seleksi beasiswa LPDP Regular (non afirmasi) satu persatu.

Catatan penting buat teman-teman, seleksi administrasi biasanya dilakukan dalam waktu sekitar seminggu. Mengingat jumlah pendaftar yang ribuan dan waktu seleksi yang singkat, bisa jadi proses seleksi ini dilakuakn dengan bantuan mesin atau lainnya. Jadi ketika salah satu berkas kita tidak sesuai kualifikasi LPDP, mungkin bisa langsung dicoret meskipun dokumen kita yang lain sudah lengkap. Dokumen yang sering bermasalah adalah TOEFL, biasanya menggunakan TOEFL like atau prediksi, atau nilai TOEFL kurang dari standar. 




1. Seleksi Administrasi
Semua berkas yang diperlukan untuk seleksi administrasi hanya perlu diupload secara online. Ingat ya, pendaftaran beasiswa LPDP terbuka sepanjang tahun. Ya bener, kita bisa upload semua berkas kita sepanjang tahun. Namun pihak LPDP akan mengumumkan hasil seleksi administrasi sekitar 3 bulan sekali, yaitu sekitar bulan Maret, Mei, September, dan November. Bergabunglah dengan grup di Facebook Beasiswa LPDP 2013, disana banyak sekali info yang detail. namun "baca" dulu, baca sebelum bertanya, pastikan pertanyaan yang kalian tanyakan belum pernah ditanyakan disana guys.

Adapun berkas yang dibutuhkan adalah:

a. TOEFL
TOEFL yang bisa digunakan adalah TOEFL ITP< IBT dan IELTS. adapun skor minimal untuk daftar beasiswa dalam negeri adalah TOEFL ITP minimal 500, dan IBT serta IELTS yang setara dg tersebut. sedangkan untuk beasiswa LN skor TOEFL yang dibutuhkan adalah ITP minimal 550. Saat ini TOEFL ITP bisa digunakan untuk mendaftar LPDP LN, dulu sempat tidak bisa namun sekarang sudah bisa, mengingat biaya TOEFL IBT dan IELTS terbilang cukup mahal, yaitu di atas 2 juta. Teman PK saya (PK-18) ada yang lulus LPDP LN dengan modal TOEFL ITP 550.
Tips dari saya, sebaiknya gunakan minimal TOEFL ITP untuk mendaftar, jangan menggunakan TOEFL prediksi atau TOFL like. Jika negara tujuan teman2 tidak menggunakan bahasa Inggris sbg bahasa Ibu, maka silakan teman-teman mencari sertifikat bahasa asing dari negara tujuan tsb. Pastikan skor teman-teman mencukupi syarat minimal dan sertifikat bahasa tersebut masih berlaku (biasanya hanya berlaku selama 2 tahun).

b. Ijazah dan Transkip
Secara umum memang pihak LPDP mensyarakan ijazah, namun untuk teman-teman yang sudah memiliki namun belum memiliki ijazah, penggunaan SKL apakah bisa menggantikan ijazah atau tidak saya kurang mengerti. Karena beberapa teman di grup menyarankan daftar saja, kalo memang rejeki pasti dapat. Saran dari saya, silakan cek deadline terakhir submit untuk seleksi administrasi, jika pada saat itu ijazah teman-teman belum keluar, silakan mengunggah SKL (saya tdk yakin 100%). Namun jika pada deadline tgl tersebut ijazah teman-teman bisa keluar maka supload yg ijazah saja. Jika ijazah memang tdk bisa keluar, coba teman-teman hubungi pihak universitas dan tanyakan apakah ijazah bisa di scan dulu atau bgaimana. Namun ingat, jika lolos seleksi wawancara maka ijazah asli wajib dibawa atau gugur. Silakan teman-teman pertimbangkan sendiri.

c. Rencana Studi
Rencana studi isinya sama dengan essai rencana studi yang sudah kita buat (kita membuat 3 essai: sukses terbesar, peranku bagi Indonesia, dan rencana studi). saya mengupload rencana studi dalam file pdf.

d. Surat pernyataan
Surat pernyataan ini berisi tidak sedang dan tidak menerima bantuan beasiswa Magister dari sumber lain baik dari dalam negeri maupun luar negeri; berkelakuan baik dan tidak pernah melakukan tindak pidana; sanggup mengabdi untuk kepentingan bangsa dan negara setelah menyelsaikan studi; dan sanggup menyelesaikan studi Magister dengan waktu yang telah ditentukan.

e. Surat Rekomendasi
Bagaimana draft surat rekmendasi sudah ada dalam buku panduan. Silakan teman-teman ketik ulang sesuai panduan dan beri jarak antara pertanyaan. Surat rekomendasi bisa ditulis tangan kemudian kita scan dan kita upload. Pemberi rekomendasi bisa dari Dosen pembimbing kita dulu (bagi freshgraduate) atau dari pimpinan kita (bagi yg sudah bekerja) dan bisa pula dari tokoh masyarakat. Jumlah rekomendasi minimal 1, namun lbih baik jika mengupload minimal  2 surat rekomendasi.

f. KTP
Silakan scan KTP lalu upload

g. Surat ijin Belajar bagi yg sudah bekerja (optional)
surat ini hanya wajib diupload bagi teman-teman yang sudah bekerja. Jika belum maka tidak wajib mengupload surat ini.

h. LOA (optional)
Jika teman-teman sudah memiliki LoA waktu mendaftar seleksi administrasi, silakan diupload. Bagi yang belum, tidak apa-apa, sialakn tetap mendaftar. Pengalaman saya, saya mendaftar ketika saya belum mendapatkan LoA.

i. Essai
teman-teman silakan membuat essai sesuai yangtelah ditentukan. Mulai dari judul hingga jumlah kata. Untuk ide, sialakan teman-teman cari di internet dengan keywords "contoh essai LPDP" akan banyak sekali keluar dan teman-teman bisa membandingkan antara essai satu dengan yang lain. Saya dulu sempat googling juga dan saya simpulkan bahwa setiap essai yang lolos memiliki satu keunikan sendiri, dan mereka selalu mempunya sesuatu yang berbeda dengan yang lain. Misalnya sudut pandang yang berbeda ataupun cara menyikapi sesuatu yang berbeda. Explore sesuatu yang unik dari diri teman-teman, pasti ada karena setiap individu adalah unik. Untuk punya saya silakan teman-teman hubugi saya via email atau twitter atau medsos saya lainnya.

Semua persyaratan ini secara lebih lengkap bisa teman-teman lihat di panduannya. Silakan teman-teman baca satu persatu di panduan karena biasanya ada perubahan dalam panduan secara berkala. LPDP yang menginjak tahun kedua tentu senantiasa memperbaiki diri supaya menjadi lebih baik. Beberapa teman memang kurang sependapat dengan aturan main LPDP terutama skor minimal TOEFL. Jika sudah ada LOA kenapa harus ada minimal skor TOEFL? banyak beasiswa lain yang mungkin lebih sesuai dengan kriteria teman-teman.

Untuk seleksi wawancara, LGD dan lain-lain akan saya sambung di postingan berikutnya.
Selamat berjuang Scholarship Hunter :D


100 komentar:

  1. Mbak, bolehkah saya lihat essay-essay Mbak? Kalau boleh, tolong dikirim ke email saya:
    sitiagam@gmail.com
    Terima kasih ya Mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh mbak, sudah saya kirim emailnya. Semoga membantu :)

      Hapus
    2. mbak saya juga bisa minta essainya ..alamat Email : An.dri37@ymail.com

      Hapus
    3. Dear mas Dendi, sudah saya kirim emailnya. Semoga membantu :)

      Hapus
    4. Boleh minta essay nya mbak? Untuk ref,, trmkasih
      kartikasetianingrum@gmail.com

      Hapus
    5. Boleh minta essay nya mbak? Untuk ref,, trmkasih
      kartikasetianingrum@gmail.com

      Hapus
    6. Dear mbak kartika, sudah saya kirim via email. Silakan di cek :)

      Hapus
    7. Aslmkm mbak, boleh saya juga dikirim essay nya?
      Ke septiariroky@gmail.com

      Hapus
    8. saya juga mohon bisa lihat essay dan study plannya? ini email saya : yuandirgantara1995@gmail.com

      Hapus
    9. saya juga mohon bisa lihat essay dan study plannya? ini email saya : yuandirgantara1995@gmail.com

      Hapus
    10. saya juga mohon bisa lihat essay dan study plannya? ini email saya : yuandirgantara1995@gmail.com

      Hapus
  2. Mbak Rahayu, jika berkenan saya juga mnt tolong dikirimkan contoh essay dan study plan punya mba juga ya ke septrianihilda@yahoo.co.id, Terima kasih mba :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Selamat ya Mbak...Mbak Rahayu, jika berkenan saya juga mnt tolong dikirimkan contoh essay dan study plan punya mba juga ya ke fatwaphysics@gmail.com, Terima kasih mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, sudah saya kirim emailnya. Semoga membantu :)

      Hapus
  5. selamat mbak, saya ingin bertanya, apakah LPDP hanya menerima toefl dari lembaga/tempat2 tertentu saja?
    oh ya mbak, jika berkenan bolehkah saya dikirim juga mbak essay dan study plannya? ke mochirfanafandi@gmail.com terima kasih mbak, barakallah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penyelenggara TOEFL bisa di lihat di web ETS, penyelenggara remsi TOEFL. essai sudah saya kirim, semoga membantu :)

      Hapus
  6. Mba rahayu.. Selamat ya, sukses.. Sangat menginsiprasi, jadi pengen hehehe....
    Mba kalau boleh saya minta contoh essai essainya ke email exmaaaaa@gmail.com...
    Oh ya mba mau tanya, kalau seumpama daftar ke dalam negeri (contoh unair) apakah daftar LPDP dlu atau daftar unair dulu atau ketrima di unair dlu atau ketrima LPDP dlu atau bagaimana mba? Hehe terimakasih sebelumnya mba :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kunjungannya, mbak harus daftar LPDP dulu, minimal 6 bulan sebelum perkuliahan dimulai. berkas sudah sy email. semoga membantu :)

      Hapus
  7. mba, essaynya boleh dikirim ke email saya juga kah ilahasan1108@gmail.com
    terimakasih sebelumnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal, cek email ya mbak ila :) semoga membantu

      Hapus
  8. Terimkasih infonya mbak :). Maaf mrepotkan, saya juga ingin dikirimi contoy essay dan studi plannya mbak. Terimkasih :)
    Emailnya ulin.jov19@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak, cek email mbak, sudah saya kirim :)

      Hapus
  9. mbak... bisa kirim essay nya jga ke email saya Agung.buyuk@gmail.com
    maaf merepotkan, terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas, cek email, sudah saya kirim :)

      Hapus
  10. Salam kenal mbak. Saya juga boleh minta essai sama studyplan nya mbak? Kalo mbak berkenan mohon kirimkan ke avenger.nihongolover@gmail.com. . Makasih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak, cek email mbak, sudah saya kirim :)

      Hapus
  11. Mbk.. Bisa minta essay nya jg?
    fath.thoni@gmail.com
    Makasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mas, cek email, sudah saya kirim :)

      Hapus
  12. Maaf Mbak jika berkenan saya boleh minta essay dan study plan nya Mbak? Kalo mbak berkenan boleh kirimkan ke alyssanadirap@ymail.com
    Terima kasih sebelumnya
    Salam kenal Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak, cek email, sudah saya kirim :)

      Hapus
  13. Hallo Mba Rahayu... Saya deivy dari Manado. salam kenal...
    saya salah satu orang yang tidak lulus seleksi administrasi gel. II 2015. :(
    tapi saya rasa ada kelemahan saya di Toefl dan Essay (Karna saya masih belum terlalu jelas untuk penulisan Essay). postingannya mba sangat membantu saya untuk tidak menyerah dalam mengejar beasiswa ini.... terima kasih mba...

    Jika tidak keberatan, boleh mba kirimkan ke email saya contoh essay dan study plan dan klo boleh juga contoh scan sertifikat bahasanya mba (soalnya sertifikat TOEFL yang saya dapatkan dari lembaga/institusi, kemaren pas daftar ke UM malang bisa diterima TOEFL nya, tapi saya rasa tidak untuk LPDP).
    deivy.ombuh@gmail.com
    atau
    deivy.ombuh@yahoo.com

    terima kasih banyak mba atas posting dan bantuannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak, sudah saya kirim ke email mba; :)

      Hapus
  14. Sore kak terimakasih tulisan kakak sangat membantu,jika diperbolehkan bisa saya minta contoh essay dan study plannya?bisa dikirim ke rachmawati159@gmail.com terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak, sudah saya kirim ke email mba; :)

      Hapus
  15. Maaf Mbak jika berkenan saya boleh minta essay nya Mbak? Kalo berkenan boleh kirimkan ke r.gustama@gmail.com
    Terima kasih Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mbak, sudah saya kirim ke email mba; :)

      Hapus
  16. Assalamualaikum Mbak Rahayu.. salam kenal :D
    Scholarship hunter is here .. :D
    Mbak, boleh minta contoh essay punya mbak? Saya juga ingin ngambil program seperti mbak juga :D
    Jika berkenan ini email saya cayyoanis@gmail.com
    terima kasih banyak mbak atas pengalamannya yang sangat menginspirasi ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wallaikumsalam, Wr. Wb.
      Salam kenal ya mbak, sudah saya kirim ke email. silakan di cek :)
      Good luck

      Hapus
  17. Selamat malam mbak
    Terimakasih untuk infonya Boleh Kirimin contoh essaynya mbak? Mahyudinsirait@gmail. Com
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Sirait, salam kenal. Sudah saya kirim ke emailnya. Cek ya
      Good Luck :)

      Hapus
  18. Assalamualaikum Mbak Rahayu
    Mbak, boleh minta contoh essay punyanya Mbak? Klw boleh, tolong kirimkan ke email saya ya Mbak di ummulhusnaputri@yahoo.com
    Terima kasih dan salam kenal Mbak Rahayu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wallaikumsalam mbak Ummu, Salam kenal. Sudah saya kirim contoh essaynya. cek email ya :)
      Good luck :)

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Selamat ya Mba Rahayu tercapai segala usaha dan doanya. Semoga sukses dalam melanjutkan studinya. Sangat membuka wawasan dan sangat inspiratif terutama bagi para beasiswa hunter..hehe
    Mba, boleh saya minta contoh essay dan rencana studinya juga? email saya nrldkusumah@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya dan salam kenal ya Mba Rahayu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak kusuma,
      Salam kenal, essay nya sudah saya kirm ke email. Di cek ya,
      Good luck :)

      Hapus
  21. Selamat ya Mbak...Mbak Rahayu, maaf mrepotkan, jika berkenan saya juga mnt tolong dikirimkan contoh essay dan study plan punya mba juga ya ke dimas.rachmedi@gmail.com, Terima kasih mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Dimas,
      Salam kenal, essay nya sudah saya kirm ke email. Di cek ya,
      Good luck :)

      Hapus
  22. Selamat siang mba. Nama saya Bamby. Terima kasih atas info nya tentang LPDP. Jika tidak keberatan, apakah saya boleh minta tolong dikirimkan contoh essay dan study plan punya mba? amalat email saya : bambyudiarmani14@gmail.com

    terima kasih banyak mba, salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Bamby,
      Salam kenal, essay nya sudah saya kirm ke email. Di cek ya,
      Good luck :)

      Hapus
  23. Mba selamat siang, tulisannya membantu sy yg akan apply beasiswa ini. Jika boleh sy mnta tlg dikirim essay dan study plan punya mba yah, ini email sy: permata.siska21@gmail.com, oia mba utk essay ditulis lgsg di webnya yah gak diupload? Trmksh mb sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak siska,
      Salam kenal, essay nya sudah saya kirm ke email. Di cek ya, pengalaman saya, dulu saya tulis di word dulu, ketika sudah fix bena termasuk ejaannya baru saya copas di web nya.
      Good luck :)

      Hapus
  24. Tulisannya mencerahkan, mbak. Jika berkenan, boleh minta contoh esai & studi plannya mbak? novridha.rezky@gmail.com. Terima kasih sebelumnya. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Rezky,
      Salam kenal, essay nya sudah saya kirm ke email. Di cek ya,
      Good luck :)

      Hapus
  25. wah membantu bgt ni tulisannya mbak hehe kl berkenan boleh tolong kirimkan esai dan study plan mbak? ke emailku diahnandini(at)gmail(dot)com thanks in advance mba ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Ayu,
      Salam kenal, essay nya sudah saya kirm ke email. Di cek ya,
      Good luck :)

      Hapus
  26. sebelumnya terima kasih, tulisan mbak ayu sangat menginspirasi dan begitu membantu. mbak ayu, bolehkah saya minta esai dan study plannya? saya juga mempunyai mimpi yg sama. jika boleh, ini email saya jurudamaikudus@gmail.com. terima kasih. salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Anam,
      Salam kenal, essay nya sudah saya kirm ke email. Di cek ya, Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini, semoga membantu.
      Good luck :)

      Hapus
  27. Dear mbak mike, terimakasih mba artikel nya sangat membantu
    . Mohon bantuan nya mba saya boleh mnta contoh essai studi plan nya mba ke agunghidayat.harahap@gmail.com terimakasih mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas Agung,
      Salam kenal, essay nya sudah saya kirm ke email. Di cek ya, Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini, semoga membantu.
      Good luck :)

      Hapus
  28. Assalamu'alaikum wr.wb. dear mbak rahayu.. jika tidak keberatan. bolehkah mbak mengirimkan essay mbak?. terimakasih sebelumnya. tolong kirimkan ke alamat: ditasariamalia2@gmail.com ya mbak rahayu. salam kenal mbak rahayu..
    wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Dita,
      Salam kenal, essay nya sudah saya kirm ke email. Di cek ya, Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini, semoga membantu.
      Good luck :)

      Hapus
  29. mba sy terakhir dpt dr lpdp terdaftar perkuliahan s2 di blan mei lngakah slanjutnya apa mba mnta tolong kirim ke email sy jg donk cntoh essayx mba aanahsan88@gmail.com trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas AKsan, salam kenal. Setau saya, jika sdh lolos tinggal menunggu jadwal PK saja. Tunggu saja email selanjutnya dr LPDP mas, Selamat ya :)

      Hapus
  30. salam kenal mbak rahayu, saya juga akan mengikuti beasiswa LPDP, jika ada waktu dan tidak keberatan saya bisa minta kirim contoh essay mbak sendiri? ini email address saya : ninasibarani25@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak nina, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya mbak, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
  31. salam kenal mbak, saya andrianus manase postingan mbak sangat membantu. kalau boleh saya mau minta cotoh essai dan study plan punya mbak. terimakasih dan ini email saya andrianusmanase@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas adrianus, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya mas, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
  32. Mba, salam kenal..

    Saya ngga mau minta contoh essai dan study plan-nya dulu deh, tapi boleh minta alamat email, atau medsos yg bisa saya hubungi untuk tanya-tanya soal BPI ini? Juga kesediaan dan waktunya, sih..

    Thanks before, Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mbak Wahyu, ini alamat email saya : rahayu_mike@yahoo.co.id akun twitter saya @Rahayumike Silakan mbak jika ingin tanya2. Mohon maaf ya mbak slow respon :)

      Hapus
  33. selamat ya mbak rahayu, saya juga boleh lihat esssy dan rencana studi nya kah?
    ffawziah@gmail.com
    terimakasih banyak ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak fara, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya mbak, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
  34. sebelumnya terima kasih, tulisan mbak ayu sangat menginspirasi dan begitu membantu. mbak ayu, bolehkah saya minta esai dan study plannya? saya juga mempunyai mimpi yg sama. jika boleh, ini email saya adebrianmustafa@gmail.com
    terima kasih. salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas ade, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya mas, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
  35. congratulation mba n postingan yang sangat informatif dan membantu mba ayu. mba ayu, boleh saya meminta essay dan study plan milik mba ayu? saya mau mencoba beasiswa lpdp. terima kasih
    ini email saya mba: nicoouwpoly1983@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas nicolas, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya mas, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
  36. Wow, tuliasanya sangat menginspirasi para scholarship hunters. Salam kenal saya latif mahasiswa semester 8 Unnes. Mohon bantuanay untuk mengirim esai serta rencana belajar serta berbagai surat pernyataan ke email latifabdul596@gmail.com. terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mas abdul, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya mas, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
  37. Selamat pagi mbak, maaf mbak kira2 saya juga bisa tidak Di kirimi essay milik mbak ke email saya Hary.sukma@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak decha, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya mas, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
  38. Dear Mba Mike Rahayu..
    Mba, boleh saya juga minta tolong dikirimkan essai punya mba? makasi sebelumnya mba..
    Email saya : tifany.cye@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear mbak Tiffany, salam kenal. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya mbak, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
  39. Assalamu'alaikum mba surat rekomendasi, ada yg diketik langsung oleh pengisi, hanya bagian centang yg disi manual dg tangan, apa bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wallaikumsalam mbak, untuk surat rekom kmarin saya ketik ulang, lalu antar pertanyaan saya kasih space buat nulis rekomendasi. Setelah diisi semua baru saya scan :)

      Hapus
  40. asslamualaikum mbk mike rahayu..salam kenal...mbk sy boleh dikirim essay, studi plantnya mbk..terima kasih...sahrimoses@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wallaikumsalam, Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
  41. tulisannya memotivasi saya sekali mbak. jika berkenan saya minta kirim surat rekomendasi nya mbak ke afifkey@gmail.com.
    formatnya memang sudah ada tp saya bingung menjabarkan pertanyaan2 yang tertera di format surat rekomendasi tsb.
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Sudah saya kirimkan file word lembar rekomendasi saya tahun 2014. Mohon di cek kembali karena ada beberapa daftar pertanyaan yang berbeda. Good luck :)

      Hapus
  42. selamat malam mbak, tulisan sangat memotivasi dan menginspirasi saya.jika mbak berkenan bolehkah saya minta dikirimkan essay dan rencana studi mbak? Saya ingin sekali mengikuti beasiswa lpdp. kalau boleh mohon dikirim ke email saya ivannehilda@gmail.com
    terima kasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam, Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
  43. Mbak Rahayu, tulisannya sangat menginspirasi. Jika berkenan, saya juga minta tolong dikirimkan contoh essay dan study plan punya mbak juga ya ke : julitrisna@gmail.com
    Terima kasih ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam, Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Cek email ya, sudah saya kirim. Good luck :)

      Hapus
    2. Mbak, saya juga mau minta contoh esai mbak ya, kalau boleh kirim kesini ya mbak : jhonnefiadrian@yahoo.co.id

      Hapus
  44. terimakasih mba atas blognya sangat membantu. Boleh saya minta essay dan study plan punya mba juga, Mba? Kalau boleh, tolong dikirimkan ke diskaarmeina@gmial.com ya. terimakasih banyak mba :)

    BalasHapus
  45. Inspirati sekali mbak Mike, jika berkenan saya mohon hendak minta contoh essay mbak, minta tolong dikirimkan ke nindiya26@gmail.com. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

    BalasHapus
  46. Sangat bermanfaat mbak tulisannya.
    Mohon saya juga dikirim mbak essay nya.
    Ke septiariroky@gmail.com

    BalasHapus
  47. tulisannya sangat membantu. jika tidak berkeberatan, mohon saya juga dikirimkan essaynya dan study plan ke imanuelfwangsir@gmail.com

    BalasHapus