Senin, 10 Februari 2014

Berbakti Kepada Negeri atau Sekolah Lagi

Yayaya,, saya lulus kuliah sejak taun lalu (Oktober 2013) dan still jobless until today. Bnyak yang menggelayut di pikiran saya, tentang apa yang akan saya kerjakan. Mulai dari pikiran untuk sm3t, cari kerja, hingga nikah,hehehe.

well,, beberapa saat yang lalu saya senpet komunikasi dengan teman lama saya. Ya kita ngobrol kesibukan masing-masing. Dia dengan TA nya dan saya dengan kesibukan, kengangguran saya. temen saya bilang kurang lebihnya gini
 "kamu itu udah S.Pd kok gak ngelamar ngelamar ndek bimbel apa sukuan-sukuan dimana gitu? berbakti sama negerimu mumpung masih muda". 
Jleb banget ni komen,haha. Saya bales
 "sukuan sekarang udah g diakui, sekolah lagi saja. Duit negara banyak yg dialokasikan buat beasiswa, daripada dikorupsi wing dukuran mending dipake biayai aku sekolah,, mumpung masih muda juga, jangkahe jek ombo, ntar lek wes tua mikir yang lainnya lagi, hehe"
 Lalu temen saya bilang
"bukan perkara berapa besar gajine, diakui apa nggaknya, tapi ilmu itu bakal lebih bermanfaat kalo dipake buat orang lain. pahala bakal ngalir terus masi kamu wes g exis di dunia iki. Lek sekolah maneh mending kamu nikah disik, biar pacarmu g minder misale tingkat pendidikane lebih sak ngisormu"
Pembicaraan yang singkat tapi bagi saya sangat bermakna. Banyak poin poin penting yang bisa saya ambil dari sini. Berat juga sih jadi cewek kalo untuk mau ngejar karier. banyak pertimbangan yang harus dipikirkan. Well, sebenarnya saya itu nggak mengejar karier sampai ke puncak gunung, saya cuma mencari pekerjaan yang bisa menjamin hidup saya sekarang, dan masa depan nanti. Kepengenku, saya bersusah payah sekarang, ya 2-4 tahun lagi namun selanjutnya saya bisa hidup tenang dan bisa fokus mengabdi pada negeri. Saya bayangkan jika saya sekarang honorer, then sampai kapan? saya pernah PPL dan hanya memegang 3 kelas, totalnya 9 jam seminggu. Kelihatannya enteng, tapi yaitulah. Bisa berhari-hari lembur mengerjakan RPP, Handout, PPT, materi ajar, soal latihan, soal ulangan, koreksi tugas, koreksi ulangan dan belum lagi kalo ada yang remidi. >.<, bikin soal remidi, dan koreksi lagi. Di sekolah favorit pun masih banyak siswa yang remidi. Mengajar di bimbel lebih enteng, tanpa rpp silabus dkk, serta waktu nya lebih flexibel, tapi apakah saya mau jadi guru bimbel seumur hidup? Saya tau teman2, maksud kalian ini cuma semntara,sambil menunggu dapet job yang fix. masalahnya ada pada saya, saya tipe totalitas yang susah kalo disuruh kerja A, bulan depan loncat kerja B, lalu entah tahun depan saya dimana. Ada beban moril pada saya jika saya harus meninggalkan apa yg sudah saya kerjakan. Saat SMA dulu, saya coba-coba daftar di jurusan pendidikan, meski cita2 saya dokter. Dan kehidupan tidak bisa ditebak, saya benar2 menjadi guru. Saya senang sekarang meski tdk hidup menjadi dokter. Tapi butuh 3 tahun bagi saya untuk benar2 bisa menikmati menjadi guru. Sekarang saya menjadi lebih berhati-hati jika ingin coba-coba dengan hal yang tidak saya inginkan. Saya akan mencoba apa yg memang ingin saya lakukan dan saya dapatkan.

Sisi agama dan sisi kehidupan dunia bagi saya harus berdampingan. Dengan sukuan ataupun kerja di bimbel saya bisa mengamalkan ilmu dan mendapat balasan dari Allah. Namun saya juga punya orang tua, mungkin sekarang saya bisa minta uang untuk beli A, B, atau C kepada orang tua. Saya belum bekerja dan itu maklum (meski saya tidak pernah meminta, tapi biasanya sudah dikasih,hehe). Sampai kapan saya harus menyandarkan diri saya pada orang tua saya. Hidup pasti ada akhirnya. Kapan saya bisa membalas kedua orang tua saya? Mungkon dengan punya pekerjaan yang layak, setidaknya saya bisa melihat orang tua saya tidak khawatir dengan kehidupan saya dimasa yang akan datang. Bukankah bisa membangun sekolah gratis bisa membantu lebih banyak anak untuk dapat sekolah? Berapa banyak siswa di sekitar kita yang putus sekolah gara2 tidak ada biaya padahal mereka sangat berbakat. Saya punya temen waktu SD, dia selalu juara 1 dan akhirnya setelah SMP harus putus sekolah.

Tentang hidup saya, mungkin dengan menikah saya bisa hidup dengan lebih enteng. Suami tentu yang akan bertanggung jawab terhadap hidup saya. Masalahnya disini, kapan saya nikah? jodoh tidak bisa ditebak. Saya yakin semua orang ingin menikah. bagi saya pribadi, saya pusing kalo ditanya kapan nikah. mikir nikah itu kalo sudah ada calon, la kalo belum ada? apanya yang dipikir? mau pikir cari calon, gimana carinya mas/mbak? (ajari saya plisss :D) jodoh sudah ada yang mengatur, kakak saya dan dosen saya pun membuktikannya, 3-4 bulan setelah pacaran mereka langsung menikah. sebelumnya sudah pacaran bertahun-tahun namun kandas. kalopun saya sekolah lagi lalu orang bilang nanti cowoknya akan takut, ya saya pikir dia belum jodoh saya. Saya tidak pernah melihat dia lulusan apa ataupun kerja apa. Bagi saya komitmen setia itu yang penting. Soal pekerjaan bisa dicari. Pendidikan juga tidak menjamin pekerjaan.

sekian cerita saya, :D

2 komentar:

  1. Saya dulu seperti anda, tapi setelah ke klinik tang tung saya jadi baikan...
    hehehe... kidding mik....
    tapi saya ada masukan buat anda.
    Dua bulan lalu saya melihat di metro TV acara Young On Top.
    Tema nya " Kerja Atau Bisnis"
    iya saya tau anda kan judul bingungnya "kuliah lagi atau kerja"
    Tapi, acara tersebut mengundang pak "Rene Suhardono"
    beliau pakar Passion anak muda jaman sekarang. itu saya yang bilang...
    acaranya bagus.. beliau tidak khusus membahas kerja atau usaha, tapi lebih-lebih lagi membahas peristiwa "umum" seperti yang anda ceritakan di atas.
    jika ada waktu pean coba lihat acara ini, sebentar kok, cuma 7 menit
    di http://www.youtube.com/watch?v=DO-XaJv-qpg
    itu part pertama...
    kalo lagi longgar lanjutin lagi liat yang part 2 dan part 3.. kalo boleh bilang, jawaban intinya ada di segmen ini..
    acaranya bagus.. saya sangat terinspirasi sekali, sampai-sampai saya cari tau lebih dalam lagi tentang pak Rene. ternyata beliau orang yang sangat berpengaruh di dunia Carrer Coach. ya.. saya aja yang baru tau. menariknya, beliau telah merilis 3 buku. dan saya langsung cek di gramed dan membelinya. judulnya "your ob is not your carrer" reviewnya pean cari aja di google. untuk bukunya yang ke 2 dan ke 3, masih belum keturutan. semoga saya bisa segera mendapatkannya..(*lho kok curhat).
    saya mendapati suatu sudut pandang baru yang baik dan luas, sehingga dapat si aplikasikan di berbagai masalah saya..
    bukan promosi kok, saya ingin anda mencoba solusi ini. siapa tau... ini juga bekerja pada anda

    jika saya simpulkan, ada proses yang sampean lupakan pada pencapaian anda selama ini. gimana ya...
    masak comment sebanyak ini?
    apa saya posting d blog saya ya?
    ah... sampean liat dulu deh video atau bukunya..

    oiya kalo link gagal, anda cari aja di you tube. kata kuncinya "young on top kerja atau bisnis"

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya suka dari segi how to know our passion, saya cocok, oh ya mas mau koment ke saya ttg sukuan atau honorer (maybe, I just guess :) ), saya merasa g fun jd guru bimbel atau sukuan, karier = passion, job = gaji. mungkin saya jobless, tp semoga saya tidak passionless,hehehe
      saya rasa g cocok mas buat saya untuk pionering (mmerintis) lg (kata pak rene cocok usia 15-16), jadi saya rasa saya harus fokus kejar passion saya, cita2 saya. bukan coba coba lagi. :D

      Hapus