Minggu, 02 Februari 2014

Daftar List Beasiswa Program Sarjana, Master, dan Doktor 2014

Sejak lulus Oktober 2014 kemarin saya sering browsing mengenai info beasiswa untuk melanjutkan sekolah saya, master. Memang untuk mencari beasiswa kita harus telaten. Terkadang tidak cukup hanya membaca petunjuk pendaftaran, kita juga perlu mambbaca beebrapa pengalaman orag lain yang pernah mendapat beasiswa tersebut. Saya ingin sharing sedikit tentang beberapa beasiswa master baik dalam negeri maupun luar negeri yang dapat di apply untuk tahun 2014 ini, here we go:


1. AAS
    Beasiswa AAS merupakan beasiswa untuk program master dan Doctor di Australia. Pada awalnya           beasiswa ini adalah ADS. Deadline 1 Februari- 18 Juli 2014. Syarat TOEFL ITP 500. Kuota pertahun 500 orang. Klik disini untuk menuju website AAS dan klik disini untuk menuju blog bapak I made Arsana, salah satu awardee AAS dan motivator beasiswa, beliau adalah salah satu expert dalam hal administrasi beasiswa AAS ini.

2. LPDP
    Beasiswa LPDP merupakan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, untuk tahun 2014 kuota sekitar 3000 baik untuk beasiswa master, doktor, dan beasiswa penyusunan thesis serta disertasi. Syarat TOEFL ITP minimal 500 untuk universitas dalam negeri dan minimal 550 untuk universitas luar negeri. Untuk info  lengkap silakan klik disini atau disini. Pendaftaran sepanjang tahun (bisa apply kapan saja) namun nanti akan ada pengumuman yg lulus administrasi setiap per batch. ( untuk tahun ini kemungkinan ada 4 batch)

3. BPP-LN dan BPP-DN
   Beasiswa ini diperuntukkan untuk calon dosen, jadi setelah lulus beasiswa ini kita harus menjalani kontrak kerja dengan DIKTI untuk ditempatkan di universitas yang telah ditunjuk oleh dikti. Hanya ada 15 universitas yang menerima pendaftaran beasiswa ini. Untuk masa kontrak kerja adalah n+1 untuk beasiswa dalam negeri (BPP-DN) dan 2n+1 untuk beasiswa luar negeri (BPP-LN). klik disini untuk info lengkap beasiswa BPP-DN dan disini untuk BPP-LN (jadwal belum update, but overall mirip tiap tahunnya)

4. Beasiswa Unggulan (BU)
   Beasiswa Unggulan mencakup beasiswa program sarjana, master dan doktor. Yang menjadi ciri khas disini adalah  pendaftar dianjurkan memilki prestasi tingkat kabupaten, provinsi, dll sebagai poin tambahan.   klik disini untuk mengakses program beasiswa unggulan dikti. Beasiswa ini bisa digunakan untuk mendaftar universitas dalam negeri maupun luar negeri.   Pendaftaran tanggal 1 Jnuari -31 Desmber 2014 :D

5. Beasiswa Universitas
    Beberapa universitas, terutama universitas di Luar negeri memiliiki dana sendiri untuk international student. Beberapa universitas menawarkan beasiswa, ada yg full scholarship ada jg yg part scholarship, serta full living cost. Untuk yang satu ini jenisnya sangat banyak, silakan anda rajin-rajin bergabung dengan milis beasiswa dan fanspage di FB serta follow twitter akun beasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar