Selasa, 13 September 2016

Perjalanan ini



Perjalanan ini terasa sangat menyedihkan
Sayang engkau tak duduk di sampingku kawan

Tiba tiba teringat sepenggal lagu Ebiet, melihat hamparan luas padi yang menghijau. Sepertinya kondisi yang dilihat Ebiet dan saya berbeda saat itu.

Indonesia negeri yang sangat kaya raya, sumber daya alam melimpah ruah dimana mana. Sewaktu saya masih SMA seringkali dengar berita bahwa cadangan minya Indonesia sdh hampir habis, tinggal berapa puluh tahun lagi. Saya baru tau, asumsi itu berlaku jika tidak ditemukan sumber2 minyak yg baru. Dan pada kenyatannya, sumber sumber minyak bumi semakin banyak ditemukan.

Ironisnya, anak bangsa hingga saat ini belum bisa mengambil dan mengolah secara mandiri. Perusahaan perusahaan asing lah yang justru mengolahnya. Teringat kata kata dosen saya atau saya baca di sebuah artikel, saya agak lupa. Jepang, mereka tidak punya sumber daya alam yg melimpah seperti minyak bumi, namun mereka punya oil company yg besar. I have to realize that it seems ridiculous.

No, no. Saya tidak akan mengkritik siapa pun. Toh pada kenyatannya saya belum punya skill apa apa untuk mengatasi masalah ini (jika ini kita anggap masalah :) ) Terkadang merasa menyesal, apa yang sudah saya lakukan buat negeri ini.

Bagi saya pribadi, ayo kita saling bersatu, mengabdi pada negeri. Tidak harus menjadi seperti A, B, atau C. Saya percaya bahwa setiap orang punya keunggulan masing masing. Punya passion masing masing. Lakukan tanggung jawabmu dengan baik. Menghindari berlaku curang tentunya sudah sangat membantu. Saling bantu sesama kawan, sesama warga masyarakat. Bukan mempersulit atau memperkaya diri sendiri. Dan saya percaya suatu saat negeri ini pasti bisa berjaya di tanah nya sendiri. Amin :D

Written, 13 sept 2016.
Otw from Caruban station to Madiun Station, 15.33 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar