Sabtu, 24 September 2016

Too kind person

Akhir akhir ini sedang marak berita  mengenai motivator terkenal yang tersandung kasus bla bla bla. Di sebuah talks show, yang menghadirkan salah satu orang yang ada hubungannya dg motivator ini. Statemen penutup acara ini yang sedikit menggelitik saya. "When something is too perfect, then there is something wrong".  sebenernya artikel ini sudah saya tulis agak lama, namun belum saya publish karena masih menimbang apa yang saya tulis benar apa tidak. well, this is my personal opinion. Saya tidak memihak siapapun disini.

Apa iya jadi orang baik itu tidak boleh? Segala sesuatu yg berlebihan memang tidak baik, namun berusaha menjadi orang baik, apakah itu salah? Saya yakin orang baik di dunia ini tidak akan merasa bahwa dirinya baik. Bahkan mungkin mereka merasa mereka ini belum baik dan oleh karena itu mereka terus berbuat baik. Orang yang terlalu baik itu pasti adalah suatu opini yang dikatakan orang, bukan yang bersangkutan itu sendiri. Apa ya ada, orang baik yang bilang "hai sahabat saya yang baik hatinya, saya ini orang baik?" :))

Kadang kita merasa kecewa ketika penilaian dan ekspektasi kita terhadap seseorang yang sangat kita kagumi ternyata salah. Orang yang kita anggap sempurna ternyata punya masa lalu yang tidak sesempurna yang kita bayangkan. Terkadang, kita tidak mengatakan sesuatu dosa kita, bukan karena kita ingin terlihat suci, tapi terkadang pengakuan ini justru akan menyakiti dan melukai banyak orang. Tetap katakan, suatu fakta memang harus dikatakan meski terkadang menyakitkan. Toh sakit ini cuma masalah waktu, mau dikatakan sekarang atau lusa sama saja. tenang saja, waktu pula nanti yang akan menyembuhkannya. Ada sesuatu yang bisa dikonsumsi publik, dan ada yang tidak.

Lalu, apakah bapak ini dengan masa lalunya (yang memang tak bisa diubah) salah jika memberi nasehat baik kepada kita? Bukannya suatu nasehat itu dilihat dari isi dari nasehat tersebut, bukan dari siapa yang mengatakan. Apakah iya bisa dibenarkan menghujat orang yang memberikan nasehat baik. Apakah iya berusaha memperbaiki diri, menjadi orang baik itu salah.

Setidaknya ada satu pelajaran yang bisa diambil. Berhati-hatilah dengan pencitraan yang kita lakukan dan secukupnya saja dalam mengagumi seseorang (tentunya kecuali Nabi Besar Muhammad SAW). Ini adalah bahan instrospeksi saya sendiri.  Apa kabar saya? kamu orang baik bukan Mik ? :'(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar